Selasa, 21 Oktober 2014

Tutorial Install Ubuntu 14.04 di VirtualBox

Bismillahirrahmanirrahim ...

Saya mencoba membuat Tutorial Install Ubuntu 14.04 menggunakan VirtualBox

Pertama yang harus dilakukan , buka VirtualBox yang telah terinstall di laptop kamu , kemudian buat virtual mesin baru untuk install ubuntu. Cara membuat virtual mesinnya dengan cara klik “Baru” pada virtualbox..


Kemudian isi namanya sesuai dengan keinginan kamu. Punya saya diisi seperti terlihat pada gambar berikut :


Setelah itu, silahkan kamu klik Next. Sehingga nanti terbentuk satu mesin virtual seperti punya saya yang terlihat pada gambar berikut, kemudian klik Next..


Kemudian klik Next hingga muncul tampilan berikut , isi yang saya lingkari dengan 16.00 GB kemudian Next ..


Selanjutnya silahkan klik Pengaturan >> Penyimpanan >> Kosong >> Browse iso ubuntu dengan mengklik icon CD/DVD disebelah kanan >> OK. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut :


Setelah itu akan muncul halaman seperti gambar berikut, klik Mulai ..


Loading ......


Setelah itu akan ada dua opsi yang bisa kamu pilih yaitu Try Ubuntu dan Install Ubuntu. Disini saya langsung memilih Install Ubuntu ...

 

Selanjutnya kamu tinggal klik Continue ... 


Pada bagian instalation type saya langsung memilih opsi Something Else .... kemudian Continue ..


Klik New Partition Table  >> Continue >> Free Space >> Add . Lalu kemudian muncul tampilan seperti di bawah :

'

Kalau saya membagi partisi pertama seperti gambar di atas, silahkan ikuti .. kemudian klik OK


Lakukan partisi kedua klik Free Space >> Add , ikuti langkah saya .. klik OK


Ikuti pengaturan yang saya lakukan , lihat gambar di atas , klik OK .... setelah itu muncul tampilan berikut klik Install Now : 


Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah , pilih Jakarta kemudian klik Continue ..


Silahkan isi data sesuai dengan keinginan kamu .. klik Continue 

 

Selesai , sekarang kamu tinggal tunggu proses instalasi sampai selesai .....


Selanjutnya Restart Now ...


 Oke baiklah sekian tutorial dari saya ..

Selamat Mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar