Multimedia
Pengertian
multimedia adalah media yang didalamnya terdapat kumpulan gambar diam, suara,
teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi yang memungkinkan
kita berinteraksi dengan media tersebut.
Macam-Macam Warna
> Hue yaitu
warna itu sendiri.
> Chroma
yaitu bercampur dengan putih.
> Saturation
yatu semakin tinggi semakin cerah.
> Value yaitu
nilai gelap dan terangnya suatu warna.
> Tones yaitu
hue ditambah abu.
> Shades
yaitu hue ditambah hitam.
> Tints yaitu
hue ditambah putih.
Teori warna
desain grafis
>
Monocromatic yaitu gabungan tones,shades dan tints.
> Analogus
yaitu mengambil warna yang saling bersebelahan.
>
Complementary yaitu menggabungkan warana yang berlawanan.
> Split
complementary yaitu menggabungkan warna disebelah berlawanan.
> Triadic yaitu
mengambil warna dari jarak-jarak sama sebesar 3 dari wheel.
> Double
complementary yaitu mengambil jarak 3.
> Custom
yaitu paling susah , tidak menggunakan aturan formal.
Teori Warna
Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik
sebagai sifat cahaya yang dipancarkan,atau secara subyektif/psikologis
merupakan bagian dari pengalaman indera penglihatan. Secara obyektif atau
fisik, warna dapat diberikan oleh panjang gelombang. Dilihat dari panjang
gelombang, cahaya yang tampak oleh mata merupakan salah satu bentuk pancaran
energi yang merupakan bagian yang sempit dari gelombang elektromagnetik.
Cahaya yang dapat ditangkap indera manusia mempunyai
panjang gelombang 380 sampai 780 nanometer. Cahaya antara dua jarak nanometer
tersebut dapat diurai melalui prisma kaca menjadi warna-warna pelangi yang
diebut spectrum atau warna cahaya,mulai berkas cahaya warna
ungu,violet,biru,hijau,kuning,jingga,hingga merah.
Atribut warna yang ditemukan oleh Louis Prang pada
1876 meliputi :
1. Hue , adalah istilah yang digunakan
untuk menunjukkan nama dari suatu warna, seperti merah,biru,hijau dsb.
2. Value, adalah, adalah dimensi kedua atau
mengenai terang gelapnya warna. Contohnya adalah tingkatan warna dari putih
hingga hitam
3. Saturation/intensity, seringkali disebut
dengan chroma, adalah dimensi yang berhubungan dengan cerah atau suramnya
warna.
Kriteria pemilihan warna
1. Tampilkan warna dengan latar belakang
(background) gelap
2. Pilih warna yang cerah untuk foreground
(putih,hijau dll)
3. Hindari penggunaan warna coklat dan
hijau untuk background
4. Kecerahan dan kombinasi warna pada
foreground dan background kontras
5. Gunakan warna sesuai kebutuhan , disain
dibuat dalam b/w dan ditambahkan warna lain sesuai kebutuhan
6. Gunakan warna untuk menarik perhatian
user, komunikasi terarah,identifikasi status, menjalin hubungan anatar elemen
7. Hindari penggunaan warna pada pekerjaan
yang sifatnya non task , untuk layar yang kebanyakan terdiri dari teks, warna
dapat membantu ketika user harus mencari membedakan bagian-bagian tertentu
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaan warna :
1.
Buta warna (cacat warna)
2.
Monitor monochrome (hanya mengenal satu
warna)
3.
Pengkodean ekstra meningkatkan tampilan
interface
4.
Konsisten dalam penggunaan warna
5.
Membatasi pengkodean warna menjadi 8
warna (4 warna lebih baik)
6.
Gunakan warna b/w atau abu-abu, atau b/w
saja untuk tampilan interface
7.
Untuk menunjukkan keragaman
bagian-bagian pada layar
8.
Disainer sering menggunakan layar kerja
dengan menggunakan 4-5 warna
Jenis warna
· Warna primer adalah warna yang tidak
dapat dihasilkan dengan mencampur warna. Warna primer sering disebut jua warna
dasar. Meliputi : Merah , Kuning
dan biru.
· Warna sekunder adalah warna baru yang
terbentuk dan campuran warna primer. Antara lain Jingga , Hijau dan Ungu.
· Warna tersier adalah warna baru yang
terbentuk dari campuran warna sekunder.
Analogous color
Warna yang berdekatan dalam color wheel harmoni , kedamaian.
Complementary Color
Warna berlawanan dalam color wheel lebih terang dan
lebih hidup, highlight.
Split complementary color
Kontras tetapi tidak ekstrem.
Color Triads
Warna segitiga dalam Color Wheel lebih hidup lagi.
Monotone Chromatic
Satu warna dengan variasi saturasi dan
bayangan.
Monotone Achromatic
Satu warna dari putih ke hitam.
Referensi
Contoh buat
keroppi nih .
1. Buat lingkaran berdekatan sama besar.
2. Buat lingkaran besar di bawahnya terus
dihapus sebagian.
3. Buat lingkaran kecil lagi di bawahnya,
terus dihapus setengah. Buat lingkaran kecil untuk mata kemudian dihapus
sebagian.
4. Buat lingkaran untuk badannya.
6. Buat kakinya. Seperti ini,
7. Kemudian beri warna sesuai yang kita
inginkan, bisa gunakan hue di photoshop untuk warna yang lebih indah.
Jadilah seperti
ini.
Contoh daun ini juga menggunakan hue , saturation , dll
SELESAI !!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar