Selasa, 05 Maret 2013

Resume pertemuan 1 Multimedia

Pertemuan 1
Multimedia

Pengertian multimedia adalah media yang didalamnya terdapat kumpulan gambar diam, suara, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi yang memungkinkan kita berinteraksi dengan media tersebut.

Macam-Macam Warna

> Hue yaitu warna itu sendiri.

> Chroma yaitu bercampur dengan putih.

> Saturation yatu semakin tinggi semakin cerah.
> Value yaitu nilai gelap dan terangnya suatu warna.

> Tones yaitu hue ditambah abu.

> Shades yaitu hue ditambah hitam.

> Tints yaitu hue ditambah putih.

Tidak boleh menggunakan hue sama dengan chroma yang dekat dalam desain.

Teori warna desain grafis

> Monocromatic yaitu gabungan tones,shades dan tints.

> Analogus yaitu mengambil warna yang saling bersebelahan.

> Complementary yaitu menggabungkan warana yang berlawanan.

> Split complementary yaitu menggabungkan warna disebelah berlawanan.

> Triadic yaitu mengambil warna dari jarak-jarak sama sebesar 3 dari wheel.

> Double complementary yaitu mengambil jarak 3.

> Custom yaitu paling susah , tidak menggunakan aturan formal.

Teori Warna
Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan,atau secara subyektif/psikologis merupakan bagian dari pengalaman indera penglihatan. Secara obyektif atau fisik, warna dapat diberikan oleh panjang gelombang. Dilihat dari panjang gelombang, cahaya yang tampak oleh mata merupakan salah satu bentuk pancaran energi yang merupakan bagian yang sempit dari gelombang elektromagnetik.
Cahaya yang dapat ditangkap indera manusia mempunyai panjang gelombang 380 sampai 780 nanometer. Cahaya antara dua jarak nanometer tersebut dapat diurai melalui prisma kaca menjadi warna-warna pelangi yang diebut spectrum atau warna cahaya,mulai berkas cahaya warna ungu,violet,biru,hijau,kuning,jingga,hingga merah.

Atribut warna yang ditemukan oleh Louis Prang pada 1876 meliputi :
1.       Hue , adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan nama dari suatu warna, seperti merah,biru,hijau dsb.
2.      Value, adalah, adalah dimensi kedua atau mengenai terang gelapnya warna. Contohnya adalah tingkatan warna dari putih hingga hitam
3.     Saturation/intensity, seringkali disebut dengan chroma, adalah dimensi yang berhubungan dengan cerah atau suramnya warna.

Kriteria pemilihan warna
1.  Tampilkan warna dengan latar belakang (background) gelap
2.    Pilih warna yang cerah untuk foreground (putih,hijau dll)
3.    Hindari penggunaan warna coklat dan hijau untuk background
4.    Kecerahan dan kombinasi warna pada foreground dan background kontras
5.    Gunakan warna sesuai kebutuhan , disain dibuat dalam b/w dan ditambahkan warna lain sesuai kebutuhan
6.  Gunakan warna untuk menarik perhatian user, komunikasi terarah,identifikasi status, menjalin hubungan anatar elemen
7.  Hindari penggunaan warna pada pekerjaan yang sifatnya non task , untuk layar yang kebanyakan terdiri dari teks, warna dapat membantu ketika user harus mencari membedakan bagian-bagian tertentu

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaan warna :
1.                  Buta warna (cacat warna)
2.                  Monitor monochrome (hanya mengenal satu warna)
3.                  Pengkodean ekstra meningkatkan tampilan interface
4.                  Konsisten dalam penggunaan warna
5.                  Membatasi pengkodean warna menjadi 8 warna (4 warna lebih baik)
6.                  Gunakan warna b/w atau abu-abu, atau b/w saja untuk tampilan interface
7.                  Untuk menunjukkan keragaman bagian-bagian pada layar
8.                  Disainer sering menggunakan layar kerja dengan menggunakan 4-5 warna

Jenis warna
·   Warna primer adalah warna yang tidak dapat dihasilkan dengan mencampur warna. Warna primer sering disebut jua warna dasar. Meliputi : Merah , Kuning  dan  biru.










·   Warna sekunder adalah warna baru yang terbentuk dan campuran warna primer. Antara lain Jingga , Hijau dan Ungu.










·    Warna tersier adalah warna baru yang terbentuk dari campuran warna sekunder.












Analogous color
Warna yang berdekatan dalam color wheel  harmoni , kedamaian.












Complementary Color
Warna berlawanan dalam color wheel lebih terang dan lebih hidup, highlight.












Split complementary color
Kontras tetapi tidak ekstrem.












Color Triads
Warna segitiga dalam Color Wheel lebih hidup lagi.












Monotone Chromatic
Satu warna dengan variasi saturasi dan bayangan.












 Monotone Achromatic
Satu warna dari putih ke hitam.












Referensi


Contoh buat keroppi nih .

1. Buat lingkaran berdekatan sama besar.


2. Buat lingkaran besar di bawahnya terus dihapus sebagian.


3. Buat lingkaran kecil lagi di bawahnya, terus dihapus setengah. Buat lingkaran kecil untuk mata kemudian dihapus sebagian.

4. Buat lingkaran untuk badannya.


5. Buat tangannya.















6. Buat kakinya. Seperti ini,



7. Kemudian beri warna sesuai yang kita inginkan, bisa gunakan hue di photoshop untuk warna yang lebih indah.

Jadilah seperti ini.
Contoh daun ini juga menggunakan hue , saturation , dll




SELESAI !!!!
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar